Kamis, 16 Juni 2016

Mengenal Si Kampus Putih (Universitas Muhammadiyah Malang)

UMM_5 
Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kali ini saya akan sedikit mengenalkan kepada teman-teman sekalin tentang kampus saya, yang merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. so, kita langsung saja…
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terakreditasi “A” yang berada di kota malang. Universitas yang berdiri sejak tahun 1964 yang berinduk pada organisasi Muhammadiyah. UMM termasuk dalam jajaran Perguruan Tinggi Swasta yang terkemuka di Indonesia. UMM sering disebut kampus putih karena didominasi warna dinding putih.
ida1
Untuk saat ini UMM menempati 3 lokasi kampus yaitu:
Kampus I

Jl. Bandung No. 1 Malang, Jawa Timur
Kampus II
Jl. Bendungan Sutami No. 188A Malang, Jawa Timur
Kampus III
Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, Jawa Timur
Fakultas-fakultas UMM
Universitas Muhammadiyah Malang terdiri atas 12 fakultas,  yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, 1 Program Pascasarjana, dan 2 Program Doktor.
Adapun VISI dan MISI UMM sebagai berikut:
VISI
Menjadikan Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.
MISI
  • Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.
  • Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang amanah.
  • Menyelenggarakan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah khasanah.
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam pengembangan IPTEKS.
Lingkungan Kampus dan Unit Bisnis
Kampus III merupakan kampus terbesar yang dimiliki UMM. Kampus ini terhampar indah dengan bangunan tertata apik sesuai topografi lahan berlembah yang indah menghijau dan dialiri Sungai Brantas. Di tengah-tengah kampus terdapat danau luas terbelah jembatan menuju gedung megah, asri, damai dan sejuk. Di seputar kampus III inilah dikelilingi beberapa unit bisnis UMM. Yaitu gedung pertunjukkan UMM Dome, hotel UMM Inn, UMM Bookstore, Rumah Sakit Pendidikan UMM, UMM farm, SPBU UMM, dan Bengkel Motor UMM. Sedangkan Medical Center dan Apotik UMM terletak di kawasan kampus II. UMM juga sedang merencanakan pembangunan apartemen di kawasan Taman Rekreasi Sengkaling yang sudah dibeli oleh UMM.
Kerjasama Luar Negeri
UMM telah bekerjasama dengan pihak luar kampus, baik dari instansi dalam dan luar negeri. Untuk kerjasama luar negeri yang sedang berjalan antara lain: Erasmus Mundus, ACICIS, Peace Corps Amerika, BGP Engineering Belanda, AMINEF, AIESEC, EESTEC, USAID, AUSAID, American Corner, Saudi Arabia Corner, dan lain-lain.
Ranking dan Prestasi
Sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka, UMM sudah memperoleh pengakuan dari pihak eksternal, yaitu dengan diraihnya Nilai Akreditasi A dari BAN-PT (2013), Bintang Dua dari QS Star, Terakreditasi KNAPP, Terakreditasi dari MTD Registered Public Accountants, Terakreditasi dari NQA Global Assurance, dan lain-lain. Prestasi yang diraih UMM antara lain: Peraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) Jawa Timur sejak tahun 2008, Peraih Anugerah AKU Kartika kopertis VII Jawa Timur sebagai kampus Terunggul di Jawa Timur, Runner Up Adi Upaya Puritama Kelas II (untuk Rusunawa), Runner Up ASEAN Energy Award, peringkat 18 Indonesia pada Webometrics (bahkan pernah ranking 8 Indonesia), Peringkat ke-5 Dunia konten Rich Files webometrics, Peringkat 5 Indonesia untuk Repository webometrics, peringkat 19 Indonesia 4icu, , Peringkat 22 TesCa-Telkom, dan lain-lain. UMM juga memperoleh penghargaan dari pemerintah USA sebagai Host Peace Corps USA mulai tahun 2010.
Sekian penjelasan tentang Universitas Muhammadiyah Malang, kurang dan lebih nya mohon di maafkan.
wassalamualaikum wr. wb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar