Kamis, 16 Juni 2016

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

perkuat-daya-saing-indonesia-harus-kuasai-teknologi-informasi
Apa itu Teknologi?
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, kenyamanan hidup manusia. IPTEK atau Ilmu pengetahuan dan Teknologi di Indonesia sangat berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan teknologi terbaru di antaranya mesin cetak, handphone dan internet.
Perkembangan-Teknologi
Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi mulai dari golongan menengah kebawah maupun golongan menengah keatas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan. Perkembangan komunikasi itu sendiri sebenarnya sejalan dengan kebutuhan serta keberadaan dari manusia itu sendiri.
Pada masa kolonial Belanda perkembangan IPTEK belum begitu maksimal, pemerintah koloniallah yang menyebabkan perkembangan IPTEK di Indonesia. Akibatnya Indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara lain. Adapun penyebab ketertinggalan Indonesia dalam bidang IPTEK antara lain:
a. Masyarakat indonesia jarang terlibat langsung dengan perkembangan IPTEK
b. Terbatasnya pendidikan yang tinggi
c.  Kurangnya inovasi teknologi bagi masyarakat itu sendiri.
Adapun dampak positif dan negatif perkembangan teknologi sebagai berikut:
– Dampak Positif adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah.
– Dampak negatif adalah kemajuan teknologi saat ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung, orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya.
Pada hakikatnya, perkembangan dan kemajuan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari. Tetapi, kita dapat melakukannya dengan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin berkembang ini tidak sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan juga budi pekerti yang baik.
it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar